STRATEGI KOMUNIKASI GREEN NORD’27 TRIBUNE DALAM MERUBAH IMAGE BONEK DI MASYARAKAT
Kata Kunci:
Strategi Komunikasi, Perubahan Image, Green Nord’27Abstrak
Perkembangan sepak bola di Indonesia pada saat ini berjalan sesuai dengan
perkembangan jaman pada saat ini sehingga banyak penggemar baru yang datang. Mulai dari
fanatisme dan sepak bola dapat di ibaratkan sudah menjadi suatu kesatuan jiwa raga dalam
masyarakat. Bonek, siapa yang tidak kenal dengan kelompok supporter fanatik asal Surabaya
ini. Mereka terkanal sangat fanatik,royal,loyal,dan total dalam mendukung tim kebanggannya
Persebaya Surabaya.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Narasumber
dalam penelitian ini beberapa koordinator Green Nord’27. Peneliti juga melakukan observasi
melalui media sosial Instagram, Twitter, Youtube resmi milik Green Nord’27 untuk
mendukung penelitian ini. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Assumption of
Image Repair Theory.
Hasil dari penelitian ini adalah Green Nord’27 melakukan strategi komunikasi dalam
merubah image Bonek di masyarakat. Strategi pertama dengan melalui penggunaan sosial
media seperti Instagram, Youtube, dan Twitter. Dengan menybarkan informasi dan edukasi
yang dilakukan. Strategi kedua yang digunakan Green nord’27 yaitu melalui media relations
sebagai partner untuk memberitakan informasi melalui media massa maupun media online.