STRATEGI DIGITAL PR (PUBLIC RELATIONS) DALAM MEMPERTAHANKAN LOYALITAS PELANGGAN DI @KACAMATAMOO

Penulis

  • Cindy Meilania Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ni Made Ida Pratiwi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Digital Public relations, Media sosial, Loyalitas pelanggan

Abstrak

Di era globalisasi dengan kehadirannya internet dan media sosial ini dapat dimanfaatkan
untuk mengenalkan suatu brand kepada masyarakat luas agar lebih mengetahui lebih dalam
tentang suatu brand. Hal ini disebut dengan Digital Public Relations, aktivitas public
relations yang menggunakan media digitaln sebagai sarana publisitasnya suatu brand.
Penelitian ini membahas mengenai Strategi Digital PR (Public Relation) Dalam
Mempertahankan Loyalitas Pelanggan di Kacamatamoo. Kacamatamoo merupakan sebuah
perusahaan sekaligus optic yang menjual berbagai macam kacamata yang unik dan menarik
sehingga berbeda dengan lainnya. Kacamatamoo juga memiliki beberapa offline store di
daerah JABODETABEK sekitarnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode
penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Narasumber dalam penelitian
ini yaitu owner dan marketing komunikasi dari Kacamatamoo. Penulis juga melakukan
observasi melalui media sosial Instagram dan Tiktok miliki Kacamatamoo untuk mendukung
penulisan skripsi ini. Teori yang digunakan penulis dalam penelitian ini ialah Teori
Excellence PR dan Two way symmetric model. Hasil dari penelitian ini adalah Kacamatamoo
menggunakan strategi digital public relation media digital dengan menggunakan two way
symmetric model public relations. Ada empat elemen two way symmetric model public
relations yang digunakan dalam mempertahankan loyalitas pelanggan Kacamatamoo. Strategi
tersebut dinilai sangat efektif, informatif, dan responsif untuk diterapkan pada media digital sehingga pelanggan menjadi lebih mudah menjangkau dan lebih luas, membuat pelanggan
menjadi loyal terhadap Brand Kacamatamoo.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18