STRATEGI CYBER-PUBLIC RELATIONS DALAM MEMBENTUK BRAND IMAGE PADA PARAHITA DIAGNOSTIC CENTER (LABORATORIUM PARAHITA)
Kata Kunci:
Cyber-PR, Brand Image, Media DigitalAbstrak
Cyber public relations menjadi sebuah inovasi perkembangan dari bidang public relations
akibat adanya perkembangan teknologi. Di era disrupsi sekarang ini, cyber-PR banyak
dimanfaatkan oleh perusahaan terlebih dalam membentuk dan membangun brand image.
Aksesnya yang tidak terbatas dan banyak variasi media, membuat cyber-PR dapat
memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan terlebih dari segi biaya operasional yang
terhitung lebih murah namun tetap memiliki pengaruh yang besar pada khalayak. Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui strategi cyber-PR yang diterapkan oleh Parahita Diagnostic
Center selaku perusahaan yang bergerak di bidang kesehatan dalam membangun dan
membentuk brand image. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode penelitian
kualitatif deskriptif. Data penelitian dikumpulkan dengan melalui wawancara, observasi, dan
studi dokumentasi. Hasil dari penelitian ini, ditemukan bahwa dalam menjalankan aktivitas
cyber public relations Parahita menerapkan 5 dari 6 aktivitas cyber public relations dengan
mengimplementasikan 3 dari 5 tipologi teori manajemen kesan dalam proses pembentukan
brand image melalui aktivitas cyber public relations