Strategi Integrated Marketing Communication dalam Membangun Brand Awareness Melalui Akun Instagram pada Cafe Sisa Rasa di Surabaya

Penulis

  • Dirga Sari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ni Made Ida Pratiwi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Integrated Marketing Communication, Brand Awareness, Advertising, Sales Promotion, Internet Marketing

Abstrak

Integrated Marketing Communication merupakan suatu konsep perencanaan dan pelaksanaan
pesan dari suatu perusahaan secara terintegrasi dan terkoordinasi dari bermacam-macam saluran
komunikasi untuk melakukan pengiriman informasi atau pesan secara jelas dan konsisten untuk
meyakinkan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi
Integrated Marketing Communication dalam membangun brand awareness melalui akun
instagram pada cafe sisa rasa di SurabayA. Menggunakan metode kualitatif. Dengan
pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan
reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa
Cafe Sisa Rasa menggunakan beberapa elemen IMC yaitu Advertising dilakukan dengan
memberikan informasi mengenai menu, serta promo. Direct Marketing dilakukan melalui
WhatsApp untuk berkomunikasi dan melakukan penawaran. Personal selling dengan
memberikan pelayanan dalam penjualan secara langsung maupun online. Sales promotion
dengan mengadakan promo. Internet marketing dengan membuat konten melalui Instagram dan
WhatsApp. Public relation dilakukan dengan melakukan kerja sama dengan blogger dan
influencer untuk mempublikasikan Cafe Sisa Rasa. Dapat disimpulkan bahwa Cafe Sisa Rasa
memiliki kecenderungan pada elemen advertising, sales promotion, dan internet marketing.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dan evaluasi pada Cafe Sisa Rasa dalam
menjalankan IMC.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18