STRATEGI PUBLIC RELATION PEMERINTAH DALAM MEMBANGUN BRANDING TRANS JATIM

Penulis

  • Felia Inayati Hartono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Bagus Cahyo Shah Bagus Cahyo Shah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Widiyatmo Ekoputro Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Public Relation, Strategi, Branding

Abstrak

Pada suatu instansi pemerintah public relation memiliki peranan yang sangat penting
dalam menentukan kelayakan informasi yang akan di sampaikan kepada publik. Fungsi
utama public relation dalam instansi pemerintah untuk menciptakan kepercayaan publik
yang dapat membangun, menjaga dan mempertahankan citra positif terhadap pemerintahan.
Strategi public relation dalam melakukan kegiatan untuk membangun dan mengembangkan
reputasi yang baik diperlukan branding sebagai identitas pemerintahan dalam bentuk
pelayanan publik. Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur yang bergerak pada layanan
transportasi umum dalam menaungi Trans Jatim sebagai bus antar kota. Public relation yang
berperan dalam membranding layanan Trans Jatim dalam tahap sebelum dan sesudah
operasional sebagai transportasi umum antar kota yang memiliki fasilitas memadai di
tengah-tengah keberadaan transportasi umum lainnya. Menggunakan teori Two Way
Asymmetric dengan peran sebagai public relation pemerintah dalam mencapai tujuan
organisasi. Media yang digunakan juga dapat diakses oleh semua kalangan mulai dari
instagram, twitter dan youtube. Strategi yang dilakukan dengan menggunakan komunikasi
two way-asymmetric dalam menghadapi publik saat ini melakukan interaksi kepada pihak
eksternal dalam operasional Trans Jatim.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18