PERAN HUMAS DALAM MENGATASI KELUHAN PELAYANAN BPJS DI RS ADI HUSADA KAPASARI SURABAYA
Kata Kunci:
Peran Humas, Rumah sakit, Problem SolvingAbstrak
Humas merupkan komunikasi yang dijalin antar organisasi dengan masyarakatnya. Setiap
organisasi maupun perusahaan pasti memiliki disivi humas di dalamnya, humas sangat berperan
dalam menjaga ikatan yang baik dengan publiknya. RS Adi Husada Kapasari merupakan salah
satu dari banyaknya rumah sakit yang juga telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Banyak
masyarakat yang tidak mendapatkan pelayanan kesehatan secara merata, sehingga melalui BPJS
Kesehatan dapat membantu masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Penelitian ini
memiliki tujuan untuk mengetahui peran humas di RS Adi Husada Kapasari Surabaya. Metode
penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengambilan data
menggunakan wawancara dan observasi, menggunakan teori Excellence PR sebagai acuan untuk
mendeskripsikan peran humas. Hasil dari wawancara dan observasi peneliti melihat bahwa peran
humas di RS Adi Husada Kapasari memiliki peran sebagai Expert Presciber, Communication
Fasilitator, Problem Solving Process Fasilitator dan Communication Techinician. Humas telah
menjalankan keempat peran humas yang ditemukan oleh Grunig.