Analisis Semiotika Identitas Androgini Pada Iklan Pantene Miracles Hair Supplement Baru Edisi Keanu Agl
Kata Kunci:
Androgini, Identitas, Iklan, SemiotikaAbstrak
Androgini merupakan bentuk baru dari ekspresi gender, androgini mengombinasikan sebuah ekspresi maskulin dan feminim dalam satu individu yang sama. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengambaran identitas androgini dalam sebuah iklan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan menggunakan metode analisis semiotika model Roland Barthes. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah iklan Pantene miracles hair supplement baru edisi Keanu Agl. Hasil dari penelitian ini Menunjukan pengambaran seorang androgini dalam iklan ini ditemukan dalam diri Keanu Agl, seorang androgini cenderung memperlihatkan sifat femininnya dari pada sifat maskulinnya, namun masih mempertahankan sifat maskulinnya. Seorang androgini dapat dikenali melalui cara berperilakunya yang meliputi penampilan (pakaian dan riasan) dan gesture ( cara bicara, mimik muka atau ekspresi, dan gerakan tubuh). Penelitian ini juga pemecahankan mitos mengenai androgini yaitu androgini adalah liyan dan Androgini sebagai peluasan pasar.