Implementasi Integrated Marketing Communications Dalam Mempertahankan Reputasi Di PT. ISM Bogasari Flour Mills Surabaya
Kata Kunci:
Integrated Marketing Communication (IMC), Implementasi, PT. ISM Bogasari Flour Mills SurabayaAbstrak
Saat ini perusahaan besar maupun perusahaan kecil menggunakan integrated marketing
communications dalam melakukan komunikasi pemasarannya. Salah satu perusahaan besar
yang telah berdiri selama 50 tahun yaitu PT. ISM Bogasari Flour Mills Surabaya adalah
perusahaan produsen tepung terigu terbesar dan pertama di Indonesia yang
mengimplimentasikan integrated marketing communications dalam mempertahankan
reputasinya, selalu meraih penghargaan Top Brand Award (TBA) untuk kategori tepung terigu
pada tahun 2008 dan selama 15 tahun berturut-turut mampu mempertahankan reputasi.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa IMC melalui elemen 1. Periklanan
yang dilakukan menggunakan tiga bentuk kegiatan periklanan yaitu above the line promotion,
bellow the line promotion dan digital promotion yang bertujuan untuk memberi brand
massage kepada konsumen. 2. Humas diimplementasikan menggunakan instagram dan
website untuk menjalin hubungan dengan konsumen jangka panjang. 3. Promosi penjualan
diimplementasikan website, shopee, lazada, bukalapak dan tokopedia untuk melakukan
kegiatan promosi penjualan. 4. Pemasaran langsung menggunakan e-mail untuk mengirimkan
penawaran kepada konsumen bertujuan untuk menjalin hubungan dan konsumen lebih
tertarik dengan penawaran yang diberikan. 5. Penjualan internet diimplementasikan dengan
instagram, youtube, twitter, website, facebook, shopee, lazada, bukalapak dan tokopedia
dengan membuat iklan, menjual produk dan menyebarkan informasi kepada konsumen. 6.
Penjualan personal dilakukan menggunakan tim customer relation yang ada disetiap daerah
tempat pemasaran yang dapat berinteraksi langsung dengan customer baik dalam pemberian
informasi, layanan, penawaran.