STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN RELX STORE PAKUWON GOLF DALAM MEMASARKAN PRODUK IMPOR ROKOK ELEKTRIK MELALUI MEDIA SOSIAL WHATSAPP & INSTAGRAM

Penulis

  • Dhea Gabriel Sekarsari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Maulana Arief Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Mohammad Insan Romadhan Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Strategi Komunikasi, Pemasaran, RELX

Abstrak

Komunikasi memegang peranan penting untuk mencapai keberhasilan suatu perusahaan dalam
mendukung strategi pemasaran suatu perusahaan. Karena tanpa komunikasi masyarakat secara
keseluruhan tidak akan mengetahui keberadaan produk pasar. Sedangkan tugas utama dari
perusahaan yang berorientasi pada pasar adalah membangun dan mempertahankan hubungan dengan
pelanggannya. Seperti hubungan pemasaran yang mencakup hal pemeliharaan, dan pemerkayaan
hubungan untuk jangka panjang dengan pelanggan maupun pihak - pihak berkepentingan lainnya,
begitu pula dengan RELX Store Pakuwon Golf dalam menarik pelanggannya juga membutuhkan
strategi komunikasi pemasaran yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi
komunikasi pemasaran apa saja yang dilakukan oleh RELX Store Pakuwon Golf dalam memasarkan
produknya sehingga bisa bersaing dan tidak kalah dengan produk vape lain. Penelitian ini merupakan
jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan paradigma interpretif, menggunakan model teori
komunikasi Harold Laswell dan Teori Direct Selling dari Pride et Al bahwa direct selling merupakan
pemasaran produk kepada pelanggan melalui presentasi penjualan tatap muka di rumah atau di
tempat kerja. Direct selling adalah metode penualan barang dan jasa tertentu melalui jaringan
pemasaranyang dikembangkan oleh mitra usaha yang bekerja. Pendekatan kualitatif ini
menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18