PENGARUH TERPAAN IKLAN PRODUK SCARLETT WHITENING PADA TIKTOK TERHADAP MINAT BELI MAHASISWA FISIP UNTAG

Penulis

  • Davandra Nuri Mevia Grahadi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Edy Sudaryanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hamim Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Terpaan Iklan, TikTok, Minat Beli, Scarlett Whitening

Abstrak

Dengan adanya aplikasi Tiktok yang sedang ramai digunakan saat ini, Hampir di seluruh dunia pun
menggunakan aplikasi Tiktok. Keuntungan dalam menggunakan aplikasi tersebut, yakni iklan yang
dimanfaatkan oleh para wirausahawan untuk mempromosikan produknya, Salah satunya iklan dari
Scarlett Whitening. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif yang memiliki tujuan
mengetahui adanya pengaruh terpaan iklan Scarlett Whitening di Tiktok terhadap minat beli dan
seberapa besar pengaruh terpaan iklan Scarlett Whitening di Tiktok terhadap minat beli mahasiswa
fisip UNTAG Surabaya angkatan 2018 dengan teori S-R. Terpaan iklan Scarlett Whitening di Tiktok
memiliki pengaruh besar terhadap minat beli mahasiswa fisip UNTAG Surabaya. Berdasarkan
penelitian yang telah dikumpulkan dari banyaknya responden dengan kuantitas sebanyak 115
mahasiswa UNTAG yang telah menonton iklan Scarlett Whitening melalui aplikasi Tiktok, Kemudian
data yang diolah menggunakan SPSS dengan beberapa model pengukuran yang telah diterapkan pada
bab sebelumnya yakni, Terpaan iklan Scarlet Whitening yang memiliki pengaruh positif dan scukup
signifikan terhadap keputusan pembelian Mahasiswa UNTAG FISIP. Hasil dari penelitian didapatkan
dari analisa statistik yaitu pengaruh sebesar 64,7% sedangkan sisanya sebesar 35,3% yang
meruapakan faktor lain yang mepengaruhi selain terpaan iklan. Hasil dari uji masing-masing sub
kategori fekuensi, intensitas dan durasi adalah 3.905, 3.511, dan 2.782 yang berarti hipotesis Ha
diterima lalu H0 ditolak.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18