PENGARUH TERPAAN PESAN PROMOSI EVENT VISIT SUMENEP MELALUI MEDIA INSTAGRAM @visitsumenepcom TERHADAP KUNJUNGAN WISATA KE SUMENEP
Kata Kunci:
Terpaan Pesan, Wisata, InstagramAbstrak
Sektor pariwisata merupakan salah satu sektor industri yang dapat meningkakan pendapatan
suatu wilayah. Event visit Sumenep adalah program tahunan kunjungan wisata yang
dirancang dengan berbagai event-event unik dan menarik, serta dikemas dengan perpaduan
pariwisata dan budaya. Mulai dari pameran budaya, pawai budaya, festival musik tung-tung,
festival kuliner khas Sumenep dan sebagainya, yang totalnya kurang lebih 40 event yang
digelar. Disparbudpora mempromosikan event visit Sumenep melalui beberapa iklan salah
satunya adalah melalui media instagram @visitsumenepcom. Melalui terpaan pesan iklan
tersebut khalayak menjadi tau apa saja agenda agenda yang diselenggarakan pada event
tersebut. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh terpaan
pesan promosi Event Visit Sumenep melalui media instagram @visitsumenepcom terhadap
minat berkunjung wisatawan ke Sumenep. Teknik analisis data dalam penelitian ini
menggunakan analisis faktor. Hasil analisa data terhadap analisis korelasi menunjukkan
bahwa bahwa terpaan pesan Promo Event Visit Sumenep melalui media instagram
@visitsumenepcom signifikan dan positif mempengaruhi minat berkunjung wisatawan ke
Sumenep yakni sebesar 0.464 (positif) dengan probabilitas kesalahan (Sig.) sebesar p = 0.001
yang lebih kecil dari 0.05. Sehingga dapat diketahui bahwa ada pengaruh antara Terpaan
Media dengan Minat Berkunjung atau hubungan keduanya signifikan, sehingga H0 ditolak
dan H1 diterima