Persepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Angkatan 2019 Peminatan New Media di UNTAG Surabaya Pada User Interface di Media Online Tirto
Kata Kunci:
Media Online Tirto, Persepsi, User InterfaceAbstrak
Penelitian ini membahas tentang persepsi mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2019 di Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Khususnya, mahasiswa yang mengambil peminatan new media dan kerap memperhatikan user interface pada media online Tirto. Ruang lingkup pada penelitian ini adalah mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2019 yang mengambil peminatan new media dan kerap memperhatikan user interface pada media online Tirto. Menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus, triangulasi sumber sebagai keabsahan data, dan menggunakan teknik pengambilan data dengan wawancara. Hasil yang didapatkan adalah peneliti dapat mengetahui bagaimana persepsi mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2019 yang mengambil peminatan new media dan kerap memperhatikan user interface pada media online Tirto. Salah satunya adalah peneliti dapat mengetahui bahwa tampilan layar berupa fitur dark mode adalah yang paling menarik perhatian dan menjadi yang paling diingat oleh narasumber. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah peneliti dapat memahami seperti apa persepsi mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2019 terkait user interface di media online Tirto.