OPINI PUBLIK DALAM AKUN INSTAGRAM @SUARASURABAYAMEDIA TENTANG KINERJA WALIKOTA SURABAYA ERI CAHYADI
Kata Kunci:
Opini Publik, Instagram, Eri CahyadiAbstrak
Peran media penting dalam menyampaikan informasi dan dalam menentukan topik, isu atau isu penting yang menjadi kepentingan publik. Situasi (isu) yang diciptakan oleh media itu sendiri mempengaruhi masyarakat sedemikian rupa sehingga melalui jejaring sosial, opini terbentuk dari pendapat orang-orang yang menyatakan pernyataan mendukung, negatif atau netral tentang situasi yang diberitakan. Penelitian ini mengkaji bagaimana opini publik tentang kinerja Walikota Surabaya Eri Cahyadi melalui komentar dalam akun Instagram @suarasurabayamedia. Opini publik dibagi menjadi tiga klasifikasi menjadi opini positif, negatif dan opini netral. Dengan menggunakan metode netnografi atau etnografi virtual, penulis dapat mengkaji dan menggali lebih dalam tentang opini publik yang sangat bermacam macam. Setelah dianalisis, ditemukan bahwa data opini publik menunjukkan hasil negatif yang lebih tinggi dibandingkan data positif atau netral. agar Eri Cahyadi sebagai walikota Surabaya bisa lebih responsif dalam mendengarkan kritik dan saran yang telah disampaikan masyarakat dan lebih proaktif atas kinerjanya untuk kota Surabaya ke depannya.