Strategi Employee Relations Humas PT Perkebunan Nusantara XI Surabaya dalam Meningkatkan Loyalitas Karyawan

Penulis

  • Actavia Nur Asita Universitas 17 Agustus 1945
  • Bagus Cahyo Shah Adhi Pradana Universitas 17 Agustus 1945
  • Widiyatmo Ekoputro Universitas 17 Agustus 1945

Kata Kunci:

Public Relations, Loyalitas Karyawan, Employee Relations

Abstrak

Public Relations merupakan fungsi manajemen dari sikap publik yang terencana dan berkelanjutan.
Peran public relations dianggap sangat tepat sebagai komunikator dalam melakukan komunikasi
internal maupun eksternal di perusahaan. Salah satu bidang yang membutuhkan peranan public
relations yaitu program employee relations, dimana pada program ini membutuhkan kedekatan khusus
antara pimpinan dan karyawan dengan dijembatani oleh public relations yang berperan sebagai
middle line perusahaan. Selain itu, Loyalitas kerja dari karyawan sangat dibutuhkan oleh sebuah
perusahaan, berdasarkan keloyalan tersebut akan timbul kenyamanan dalam bekerja dan menjalankan
semua tugas-tugas yang telah diberikan oleh pimpinan kepada karyawan. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui strategi employee relations yang telah direncanakan oleh Humas PT Perkebunan
Nusantara XI Surabaya dalam meningkatkan loyalitas karyawan. dalam penelitian ini menggunakan
metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data yang dikumpulkan berdasarkan hasil
wawancara, dan observasi kepada subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT
Perkebunan Nusantara XI Surabaya berhasil memberikan inovasi-inovasi menarik yang dapat
memberikan kenyamanan kerja pada karyawan melalui program employee relations nya. Sehingga
kepuasan kerja dari karyawan dan motivasi untuk tetap bertahan dalam pekerjaan berjalan secara
bersama-sama dan itu mempengaruhi loyalitas karyawan PT Perkebunan Nusantara XI Surabaya

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-18