STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PT KURNIA CIPTAMODA GEMILANG MELALUI SALES ASSOCIATE (SA) DALAM MENINGKATKAN BRAND LOYALTY STORE CHARLES & KEITH PAKUWON MALL DI SURABAYA
Kata Kunci:
Komunikasi Pemasaran, Sales Associate, Brand LoyaltyAbstrak
PT. Kurnia Ciptamoda Gemilang merupakan perusahaan retail yang memproduksi kebutuhan
fashion di Indonesia, dengan menaungi beberapa merek fashion ternama seperti Charles &
Keith, Pedro, dan EA7 Emporio Armani. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh tenaga penjualan yaitu sales associate
brand Charles & Keith Pakuwon Mall Surabaya. Pekerja sales associate merupakan usaha
perusahaan dalam memperkenalkan sebuah produk agar menjalin hubungan baik dengan
konsumen agar konsumen bisa menjadi customer loyal. Objek penelitian ini yaitu brand
Charles & Keith Pakuwon Mall Surabaya. Jenis penelitian in bersifat kualitatif deskriptif.
Untuk memperkuat hasil peneliti juga melakukan wawancara dan observasi lapangan secara
langsung. Berdasarkan hasil dari penelitian didapatkan bahwa strategi komunikasi pemasaran
yang digunakan sales associate dalam meningkatkan brand loyalty yaitu berfokus pada
komunikasi interpersonal dengan konsumen secara langsung face to face (Komunikasi
diadik). Tingkatan customer loyal brand Charles & Keith merupakan satisfied buying dimana
customer loyal memiliki kepuasan akan brand, dan ketika mencari model produk maka
customer akan berupaya untuk mendapatkan produk brand tersebut dengan bantuan sales
associate. Adapun yang menunjang strategi komunikasi pemasaran hal tersebut merupakan
promosi penjualan yang dilakukan secara langsung dengan berbagai teori yang diterapkan perusahaan atau SOP (standar operasional perusahaan) dan dilakukan secara konsisten oleh
pekerja sales associate.