STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU PT POS INDONESIA PASCA PANDEMI COVID 19
Kata Kunci:
Komunikasi Pemasaran, Pandemi covid-19, PT Pos IndonesiaAbstrak
Berawal dari adanya masa pandemi covid-19 yang mengharuskan adanya social distancing
dimasyarakat, mengakibatkan meningkatnya permintaan jasa pengiriman kurir. Karena hal tersebut
persaingan jasa kurir juga meningkat. Kantor Pos Kebonrojo pastinya dituntut untuk memiliki kualitas
pelayanan dan strategi dalam pemasaran produk mereka untuk dapat kepercayaan dari konsumen.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Analisis yang di lakukan pada Kantor Pos
Kebonrojo Surabaya meliputi Strategi Integrated Marketing Communications (IMC) yang mencakup
Periklanan, Promosi penjualan, Hubungan masyarakat, penjualan pribadi dan Pemasaran langsung.
Hasil Penelitian menunjukkan bahwa selama Masa pandemi covid-19, kantor pos mengoptimalkan
jasa kurir dan logistik dengan memanfaatkan layanan antar-jemput kiriman melalui aplikasi
QPosinAja. Dan strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh PT Pos Indonesia ditinjau dari 5
unsur bauran pemasaran sudah memenuhi kelima unsur.