INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION SATE TAICHAN GORENG DALAM MENGHADAPI PERSAINGAN BISNIS DI BIDANG KULINER

Penulis

  • Muhammad Daffa Asysyafa
  • Teguh Priyo Sadono
  • Ni Made Ida Pratiwi

Kata Kunci:

Integrated Marketing Communication, Sate Taichan Goreng, Brand

Abstrak

Dalam era globalisasi dan bertumbuhnya prekonomian masyarakat seperti saat ini menyebabkan
perubahan pola hidup masyarakat yang ditandai dengan berubahnya pola konsumsi. Seiring
dengan berkembangnya pola konsumsi dan perekonomian masyarakat, produk makanan sajian
restoran dengan produk yang spesifik sangat di pilih masyarakat perkotaan karena
kepraktisannya dalam mengkonsumsi makanan tersebut, hal ini menuntut pelaku bisnis untuk
lebih inovatif dan memperhatikan kondisi pasar. sebagai salah satu brand besar di Indonesia
Restoran Sate Taichan Goreng dapat memperbaiki kinerja penjualan dengan cara memanfaatkan
kegiatan Integrated Marketing Communication dalam kegiatan promosinya dimana mereka
menggunakan berbagai macam saluran komunikasi, kegiatan Integrated Marketing
Communication yang dilakukan Sate Taichan Goreng yaitu meliputi kegiatan advertising, public
relation, direct marketing, dan internet marketing. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah kualitatif deskriptif, sementara teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan
menggunakan data primer berupa wawancara dengan narasumber dan data sekunder berupa foto
dokumentasi dan arsip perusahaan, kemudian dengan melakukan observasi langsung di lapangan,
kemudian wawancara baik dengan informan maupun dengan pengunjung. Hasil dari penelitian
yang didapatkan yaitu didapatkan tiga hasil utama dari penelitian ini diantaranya
audience-focused, channel centered, dan result driven. Audience-focused Sate Taichan Goreng
meliputi konsumen yang datang langsung ke restoran Sate Taichan Goreng. Channel-centered di
Sate Taichan Goreng dilakukan dalam bentuk kegiatan advertising, public relation, direct
marketing, dan internet marketing. Sementara dari segi result-driven didapatkan korelasi antara
audience-focused dan channel-centered yang harus digunakan dalam kegiatan promosi sehingga
dapat diketahui hasilnya. Hasil yang terkahir yaitu dapat diketahui analisis SWOT dari kegiatan
IMC Sate Taichan Goreng.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-25