Efektivitas Komunikasi Akun Instagram @Sehatsurabayaku Sebagai Media Informasi Vaksinasi Covid-19 Masyarakat Kota Surabaya
Kata Kunci:
Efektivitas, Instagram, Media informasi, SehatsurabayakuAbstrak
Efektivitas penggunaan Instagram sebagai media komunikasi merupakan tindakan untuk melihat
sejauh mana usaha dalam berkomunikasi melalui sebuah Instagram dalam memperoleh atau
menghasilkan sebuah efek pencapaian dari sebuah tujuan yang telah ditentukan. penelitian
bertujuan untuk mengetahui seberapa tingkat efektivitas komunikasi akun Instagram
@sehatsurabayaku sebagai media informasi vaksinasi Covid-19 masyarakat Kota Surabaya
dengan menggunakan teori Efektivitas Komunikasi dari Andre Hardjana yang terdiri dari 6
indikator yakni penerima komunikasi, isi pesan, ketepatan waktu, media komunikasi, format
pesan, beserta sumber pesan. Pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik Sampel
Random Sampling dengan jumlah 100 responden. Data penelitian didapat melalui penyebaran
kuesioner kepada pengikut Instagram @sehatsurabayaku. Analisis data yang digunakan adalah
deskriptif kuantitatif dengan menggunakan program SPSS Versi 25. Hasil penelitian memperoleh
hasil prosentase sebesar 86,87%, dimana masuk dalam kategori sangat efektif. Sehingga
menunjukkan bahwa akun Instagram @sehatsurabayaku menjadi media yang sangat efektif
sebagai media informasi vaksinasi Covid-19 masyarakat Kota Surabaya.