Analisis Framing Pemberitaan Pressrelease.Id Pada Pagelaran Pertamina Grand Prix Of Indonesia 2022 (Edisi 7 Februari Sampai 23 Maret 2022)

Penulis

  • Yahezkhiel Ferdinand Kevin Simanungkalit Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Merry Fridha Tri Palupi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Lukman Hakim Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Framing, Event, Media Online, Press Release

Abstrak

Pagelaran event Pertamina Grand Prix Of Indonesia yang diselenggarakan di mandalika
Lombok pada 6 maret 2022 merupakan event terbesar yang diunggulkan oleh karena
merupakan event Grand Prix pertama kali yang diselenggarakan di Indoensia sehingga
menjadi perhatian pemerintah dan berbagai pihak sebab dengan adanya event ini, dapat
meningkatkan pengunjung manca negara ke Indonesia. Event ini dianggap berhasil karena
kerjasama berbagai pihak seperti MGPA sebagai direktur dorna sports sebagai pemegang hak
komersial MotoGP, DZE sebagai race kontrol operation dan RMI sebagai track maintenance
termasuk didalamnya humas yang melakukan kegiatan publisitas melalui berbagai media
dengan mempublikasikan press release kegiatan. Salah satu media yang mempublikasikani
press release yaitu kontan.co.id. Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana
framing yang dilakukan kontan.co.id. Dengan menggunakan pendekatan analisis framing dan
teori agenda setting, hasil analisis peneliti menunjukkan bahwa kontan.co.id melakukan
framing dan hanya menyoroti kemeriahan dari gelaran tersebut seakan tidak ada sedikitpun
kesalahan yang dilakukan. Kontan.co.id juga melakukan agenda setting antara lain dengan
2
menitik beratkan pada, agenda media, dan agenda kebijakan dan agenda khalayak yang
disesuaikan dengan kebutuhan media.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-19