Strategi Komunikasi Humas Polda Jatim Dalam Meningkatkan Citra Lembaga Kepolisian
Kata Kunci:
Strategi Komunikasi, Humas, Citra, KepolisianAbstrak
Humas sangat berperan penting di dalam lembaga organisasi ataupun perusahaan. Khususnya
pada lembaga pemerintahan yang memiliki tugas yaitu melayani masyarakat dengan
pelayanan yang memuaskan. Dan untuk menciptakan pelayanan yang memuaskan yaitu
dengan meningkatkan atau mengoptimalkan kualitas kinerja disetiap bagian bidang divisi
Humas. Salah satu tugas humas adalah meningkatkan citra perusahaan. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Strategi Komunikasi Humas Polda Jatim dalam Meningkatkan
Citra Lembaga Kepolisian berdasarkan konsep One Way Communication dari Harlod Laswell
dan konsep empat langkah proses Public Relations dari Broom, Cultip dan Centre. Penelitian
ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif yang bertujuan untuk
mendapatkan data yang benar dan objektif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data
yaitu dengan dokumentasi, wawancara dan observasi. Objek penelitian ini adalah Humas
Polda Jatim. Hasil dari penelitian ini yakni Humas Polda Jatim dalam melakukan komunikasi
dengan publiknya menggunakan komunikasi satu arah. Sebagaimana dengan tugas dan
fungsinya yaitu memberikan informasi kepada publik dengan memposting berita-berita
terbaru kegiatan yang telah dilakukan oleh pihak Kepolisian. Dan juga memberikan edukasi
kepada masyarakat dengan bentuk video yang sifatnya untuk meningkatkan citra Kepolisian,
seperti konten video pembuatan SKCK, pembuatan SIM dan video edukasi lainnya. Dalam
melakukan strategi komunikasinya, Humas Polda Jatim menggunakan empat proses strategi
komunikasi yaitu dengan cara mendefinisikan masalah atau menganalisis masalah, membuat
rencana dan program, bertindak dan berkomunikasi, dan mengevaluasi.