Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Media Mobil Karaoke Dalam Membentuk Brand Image (Studi Deskriptif Kualitatif Pada NAV Karaoke Keluarga, Surabaya)
Kata Kunci:
Brand Image, Strategi Pemasaran, Karaoke Keluaga, NAV KaraokeAbstrak
Peraturan menteri Kebudayaan dan Pariwisata pasal 3 ayat (2) tahun 2010 menyebutkan bahwa
salah satu dari bidang usaha penyelenggara kegiatan hiburan adalah karaoke, Seni musik
merupakan salah satu peminat yang cukup banyak peminatnya di Indonesia. Seiring
pekembangan zaman tempat karaoke sendiri menimbulkan stigma negatif dikalangan masyarakat
luas. Perlu adanya pembangunan Brand Image terhadap perusahaan Nav karaoke keluarga untuk
bertujuan mengubah pandangan masyarakat terhadap tempat karaoke. Marketing communication
adalah bentuk pemasaran yang melibatkan komunikasi informasi tentang perusahaan kepada
pasar yang dituju. Nav Karaoke Keluarga menyampaikan brand image kepada masyarakat
melalui mobil karaoke. Tujuan penelitian ini agar mengidentifikasi dan mengamati strategi
komunikasi yang digunakan oleh mobil karaoke Nav Surabaya. Penelitian ini berjenis
metodologi deskriptif kualitatif dan mengumpulkan data dengan wawancara ekstensif, observasi
ke lapangan dan dokumentasi.
Penelitian ini menghasilkan bahwa strategi pemasaran dilakukan melalui media mobil karaoke
dengan menggunakan elemen IMC merupakan iklan (advertising) dan promo penjualan (sales
promotion) yang menggunkan tehnik komunikasi satu arah dari management ke konsumen,
maupun dua arah yaitu dari konsumen ke management maupun sebaliknya, Brand Image atau
brand image pada Nav Karaoke Surabaya menghadapi kendala berupa stigma negatif masyarakat
kepada bisnis karaoke secara umum. Adapun saran dalam penelitian ini yaitu diperlukan
komitmen yang konsisten agar program tersebut tetap dipertahankan hal ini disebabkan
dampaknya pada pembentukan brand image dari Nav Karaoke Keluarga.