Implementasi Integrated Marketing Communication pada PT Order Kuota Evolusi Digital

Penulis

  • Tirmidzi Harry Dwi Yanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muchammad Rizqi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Beta Puspitaning Ayodya Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Integrated Marketing Communication, Loyalitas, Perusahaan

Abstrak

Integrated Marketing Communication merupakan kegiatan pemasaran yang terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, dan pengendalian.pesan oleh perusahaan untuk menciptakan
hubungan jangka panjang dengan konsumennya. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan
implementasi integrated marketing communication pada Orderkuota dalam menjaga loyalitas
pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan
dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan menarik
kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Orderkuota menggunakan elemen
komunikasi pemasaran terpadu seperti periklanan, Orderkuota memanfaatkan media offline
dan online, promosi penjualan dengan penawaran khusus pada event-event tertentu, giveaway
dan balapan transaksi, pemasaran langsung dengan penawaran melalui media sosial, website
dan aplikasi Orderkuota, penjualan personal dengan pemasaran door to door yang dilakukan
sales marketing dan penjualan langsung di gerai Orderkuota, dan terakhir hubungan
masyarakat dengan menjalin dan menjaga hubungan baik dengan masyarakat sekitar, mitra
dan konsumennya. Kesimpulannya implementasi IMC yang dilakukan Orderkuota memiliki
keefektifan, indikatornya ialah adanya peningkatan dan loyalitas pelanggan yang ada pada
tingkat kepuasan dan kepercayaan pada produk Orderkuota, sehingga berpengaruh pada
peningkatan penjualan dan image perusahaan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-19