Strategi Marketing Communication Dengan Metode Sostac Pada Xavier Marks Darmo
Kata Kunci:
SOSTAC, Strategi Komunikasi, Xavier Marks DarmoAbstrak
Strategi komunikasi pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam dunia bisnis karena
memiliki kedudukan sebagai perantara diantara produsen dan konsumen sertadapat
mempertahankan kelangsungan hidup suatu perusahaan. Perkembangan teknologi dari dulu
hingga sekarang memberikan dampak yang signifikan bagi masyarakat. Perkembangan
teknologi internet semakin hari semakin berkembang pesat. Adanya teknologi internet yang
pesat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat & mengetahui bagaimana strategi komunikasi
pemasaran yang dilakukan Xavier Marks Darmo untuk menambah klien baru,
mempertahankan klien lama, serta meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif, dimana wawancara,observasi dan dokumentasi digunakan untuk
memperoleh data. Narasumber dalam penelitian ini adalah Go Caesar Teguh Santoso dan The
Enrico Wiraatmaja selaku marketing manager dan marketing agent pada Xavier Marks
Darmo. Penelitian ini bertujuan untuk menjadi bahan evaluasi mengenai konsep strategi
marketing yang dijalankan Xavier Marks Darmo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode SOSTAC.
Hasil dari penelitian diatas, maka dapat dikatakan bahwa kegiatan implementasi strategi
pemasaran melalui analisis SOSTAC tidak semuanya berjalan dengan yang diharapkan
perusahaan. Berdasarkan hasil wawancara dengan marketing manager Xavier Marks Darmo,
langkah yang selanjutnya dilakukan yaitu evaluasi. melalui evaluasi kegiatan pemasaran
yang telah dilakukan oleh Xavier Marks Darmo, didapati bahwa marketing manager Xavier
Marks Darmo berharap kedepannya proses kegiatan pemasaran dapat berjalan sesuai dengan
target perusahaan yaitu meningkatkan penjualan, menabah klien baru dan mempertahankan
klien lama dengan menjadi top of mind di mata klien mereka. Dan diputuskan bahwa analisis
yang diaplikasikan yaitu melalui analisis SOSTAC.