Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Gaya Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 6 Sdn Sukomanunggal Iii Surabaya
Kata Kunci:
Komunikasi Interpersonal, Gaya Mengajar, Motivasi Belajar, SurabayaAbstrak
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian ekspanatif atau explanatory, jumlah sampel
dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Adapun responden dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas 6 SDN Sukomanunggal III. Penentuan sampel menggunakan teknik
Proportionate Stratified Random Sampling, dimana teknik ini digunakan jika anggota
populasi jumlahnya proporsional. Teknik pengumpulan data dengan membagikan kuisioner
pada responden dan melakukan dokumentasi. Dalam penyajian data, menggunakan uji
validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji hipotesis (uji f dan
uji t) dan uji koefiesien determinasi. Berdasarkan hasil uji koefisien regresi secara simultan
(Uji F) menunjukkan nilai Fhitung 285,669 dengan signifikansi 0,000. Karena nilai
signifikansi (0,000) < (0,05), maka dapat dikatakan bahwa Komunikasi Interpersonal dan
Gaya Mengajar Guru berpengaruh terhadap Motivasi Belajar Siswa. Hasil uji koefisien
regresi secara parsial (Uji t) didapatkan variabel Komunikasi Interpersonal (X1) memiliki
nilai tHitung 18,889 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa variabel
Komunikasi Interpersonal (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi
Belajar Siswa (Y). Pada variabel Gaya Mengajar Guru (X2) memiliki nilai tHitung -1,957
dengan signifikansi 1,053 > 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa variabel Gaya Mengajar Guru
(X2) tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Motivasi Belajar Siswa (Y). Dari hasil
uji tersebut dapat disimpulkan bahwa Komunikasi Interpersonal berpengaruh terhadap
Motivasi Belajar siswa kelas 6 SDN Sukomanunggal III.