Analisis Resepsi Khalayak Terhadap Isi Pesan Iklan “Cantik Fest” Tokopedia Dalam Memenuhi Kebutuhan Kecantikan
Kata Kunci:
Iklan, Tokopedia, Analisis Resepsi, Cantik FestAbstrak
Iklan sebagai alat promosi produk dan jasa merupakan salah satu bentuk strategi untuk
menarik minat khalayak ramai lewat tayangan video berdurasi singkat. Hal yang sama juga
dilakukan oleh Tokopedia, salah satu perusahaan belanja online nomer 1 di Indonesia. Lewat
iklan “Cantik Fest”, Tokopedia berusaha menarik minat belanja penonton terutama wanita
untuk memenuhi kebutuhan kecantikan mereka. Penelitian ini ada dengan tujuan untuk
mendeskripsikan resepsi dari Mahasiswi Ilmu Komunikasi FISIP Universitas 17 Agustus
1945 Surabaya terhadap isi pesan iklan “Cantik Fest” Tokopedia sehingga dipilih sebagai
media belanja online dalam memenuhi kebutuhan kecantikan mereka. Penelitian ini
menggunakan teori analisis resepsi dengan metode penelitian deskriptif kualitatif. Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pemaknaan, tiga informan berada
dalam posisi hegemoni dominan sebab sangat antusias dengan iklan yang dibuat, sedangkan
dua informan lainnya berada dalam posisi negosiasi sebab meskipun sama antusiasnya namun
ada beberapa bagian dalam tayangan iklan tersebut yang menurut mereka kurang cocok
berada dalam iklan “Cantik Fest” Tokopedia.