Komunikasi Pemasaran Pada Akun Instagram @Fastarcheryproshop Dalam Mempromosikan Produk

Penulis

  • Sakti Pahlevi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Jupriono Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Hamim Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Promosi, Instagram, Komunikasi Pemasaran

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada komunikasi pemasaran pada akun Instagram
@fastarcheryproshop untuk mempromosikan produk. Penelitian ini menjadi menarik
dikarenakan persaingan bisnis yang begitu ketat membuat perusahaan berlomba-lomba
membuat inovasi baru untuk mempertahankan usahanya, salah satunya dengan
menggunakan komunikasi pemasaran khususnya promosi melalui media sosial Instagram.
Terlebih lagi PT. FAST berdiri pada bidang yang tidak banyak diketahui masyarakat yaitu
bidang olahraga panahan. Hal tersebut kemudian menjadi rumusan masalah penelitian
yakni bagaimana penerapan komunikasi pemasaran pada akun Instagram
@fastarcheryproshop untuk mempromosikan produk. Penelitian ini menggunakan
pendekatan deskriptif kualitatif dan Teknik pengumpulan data berupa wawancara
mendalam dengan informan serta observasi konten Instagram @fastarcheryproshop.
Peneliti menggunakan teori promosi oleh Kotler dan Armstrong dimana terdapat lima
unsur kegiatan yang bekerjasama untuk mempromosikan produk perusahaan yaitu:
advertising, direct marketing, sales promotion, personal selling dan public relations.
Berdasarkan hasil penelitian, PT. FAST menggunakan empat dari lima unsur kegiatan
promosi, yaitu: (1) direct marketing; (2) sales promotion; (3) personal selling; (4) public
relations. Upaya-upaya tersebut dilakukan dengan menggunakan fitur-fitur media sosial
Instagram yang mendukung kegiatan promosi oleh PT. FAST.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-19