Efektivitas Terpaan Iklan Paid Promote Cicil.co.id Terhadap Dimensi EPIC Model Mahasiswa UNTAG Surabaya

Penulis

  • Risma Wahyu Novanti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Herlina Kusumaningrum Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Noorshanti Sumarah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Paid Promote, Influencer, Iklan, EPIC Model

Abstrak

Paid Promote merupakan iklan digital yang dikembangkan melalui media sosial Instagram dengan penyedia jasa iklannya disebut Influencer, seperti Nano Influencer dengan pengikut 1.000 hingga 10.000 dan Micro Influencer dengan pengikut 10.000 hingga 100.000. Cicil.co.id adalah Perusahaan Start-Up yang bergerak dibidang FinTech dengan target utama mahasiswa, memanfaatkan adanya Paid Promote. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat efektivitas terpaan iklan Paid Promote Cicil.co.id terhadap Dimensi EPIC Model Mahasiswa UNTAG Surabaya. Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan EPIC Model (Empathy, Persuasion, Impact dan Communication) sebagai model pengukuran efektivitasnya dimana datanya diperoleh melalui kuisioner kepada 99 orang berdasarkan 6 fakultas di UNTAG Surabaya yang dihitung berdasarkan teknik probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat efektivitas terpaan iklan Paid Promote Cicil.co.id terhadap Dimensi EPIC Model Mahasiswa UNTAG Surabaya berada pada angka 3,78 yang menurut rentang skala keputusan EPIC Model merupakan efektif. Hal ini diperoleh dari nilai rata-rata tiap dimensi, Empathy dengan nilai 3,81, Persuasion dengan nilai 3,63 Impact dengan nilai 3,77 dan Communication dengan nilai 3,94.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-19