Makna Penggunaan Media Sosial Linkedin Dalam Membangun Personal Branding Bagi Pekerja Lepas Pt Kisun Kreasi Digital
Kata Kunci:
Linkedin, Pekerja Lepas, Personal BrandingAbstrak
Internet sebagai new media yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun merupakan
perkembangan dari teknologi informasi. Kemudahan ini mempengaruhi aktivitas dalam
kehidupan manusia, kegiatan yang biasa dilakukan di dunia nyata diterapkan pada suatu
media digital salah satunya adalah melamar pekerjaan. Media sosial LinkedIn menyajikan
profil yang menampilkan data riwayat hidup atau curriculum vitae (CV). Seperti yang kita
ketahui CV merupakan berkas yang diperuntukkan melamar pekerjaan. Agar rekruter
memiliki kesan terhadap akun LinkedIn maka perlu membangun personal branding pada
profil LinkedIn. Cara pekerja lepas PT Kisun Kreasi Digital mengelola kesan menggunakan
teori pengelolaan kesan dari Edward Jones yaitu strategi ingratiation, exemplification,
intimidation, supplication, dan self-promotion. Melalui pendekatan kualitatif yang
menggunakan metode fenomenologi untuk menceritakan makna penggunaan LinkedIn
berdasarkan pengalaman informan. Subjek penelitian atau informan dipilih menggunakan
purposive sampling dengan menetapkan kriteria informan yang dipilih yaitu pemilik akun
LinkedIn Rizqi Pratama Ramadhani, Aris Nurcahyo, dan M.Ali Shodikin. Uji keabsahan data
yang menggunakan teknik triangulasi. Teknik Analisis data deskriptif untuk menggambarkan
secara mendalam penggunaan media sosial LinkedIn mengenai fenomena personal branding
yang dilakukan pekerja lepas berdasarkan pengalamannya. Hasil penelitian menunjukkan
pengelolaan kesan yang diterapkan oleh pekerja lepas dapat dilakukan melalui profil akun
media sosial LinkedIn. Dari hasil tersebut peneliti menyarankan dalam membangun personal
branding diimbangi dengan niat, usaha, dan konsisten.