Persepsi Mahasiswa Ilmu Komunikasi Untag Surabaya Pada Tayangan Puteri Indonesia 2020 Pasca Viral

Penulis

  • Ratih Kumala Puspa Wardhani Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Merry Fridha Tri Palupi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Irmashanti Danadharta Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Putri Indonesia, Televisi, Analisis Persepsi, Untag Surabaya

Abstrak

Kontes kecantikan Puteri Indonesia 2020 viral dikarenakan salah satu finalis Puteri Indonesia
dari Sumatera Barat, Kalista Iskandar tidak bisa menyebutkan kelima sila Pancasila dengan
lancar ketika diberikan pertanyaan oleh Bapak Bambang Soesatyo. Hal ini memicu viralnya
Kontes kecantikan Puteri Indonesia 2020 dan menjadi perbincangan hangat dikalangan
masyarakat. Banyak sekali komentar-komentar negatif yang diberikan netizen ketika mengetahui
tayangan tersebut, namun juga masih ada beberapa netizen yang memberikan dukungannya
kepada Kalista. Dari viralnya video tersebut, menciptakan persepsi-persepsi terkait image dari
Kontes kecantikan Puteri Indonesia. Dan peneliti tertarik untuk melakukan penelitian kepada
mahasiswa Ilmu Komunikasi Untag Surabaya terkait persepsinya pada image Puteri Indonesia
pasca viral video finalis Puteri Indonesia yang tidak hafal Pancasila. Peneliti menggunakan teori
penilaian sosial (social judgment theory) sebagai pendukung dalam mengamati persepsi yang
diberikan oleh informan. Hasil penelitian menunjukkan ada tiga sikap persepsi dalam
membentuk image kontes kecantikan Puteri Indonesia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-19