Strategi Siaran Jeje Radio Surabaya Di Era 4.0 Untuk Menarik Minat Pendengar
Kata Kunci:
Program Siaran, Radio, Strategi, Era 4.0Abstrak
Teknologi informasi telah berkembang pesat, sebelumnya di kerjakan manusia kemudian
digantikan oleh mesin. perkembangan revolusi industri sudah memasuki era 4.0 yang berpadu
dengan internet. Perkembangan ini berdampak pada berbagai bidang salah satunya bidang
penyiaran. Radio dulu hanya analog sekarang dapat di dengarkan secara online. Jumlah radio
di Surabaya semakin meningkat sehingga terjadi persaingan tinggi dalam merebut perhatian
audiens dengan target pendengar yang sama. Mempertahankan eksistensi Jeje Radio
Surabaya diperlukan strategi yang tepat. Penelitian menggunakan konsep strategi program
Peter Pringle yang terdiri dari perencanaan, produksi program, eksekusi serta pengawasan
dan evaluasi. Metode penelitian mengunakan kualitatif studi kasus. Hasil penelitian
Perencaaan program Jeje Radio menyusun segmentasi untuk umur 17 sampai 35 tahun.
Positioning siaran Jeje Radio memiliki slogan “Hits up your life” dengan mengutamakan
siaran lagu hits dari tahun 90an hingga lagu terbaru. Produksi program tahapan pembuatan
nama program, hot clock dan narasi siaran. Eksekusi program menggunakan metode tapping.
Pengawasan di lakukan secara tidak langsung dan evaluasi program di lakukan setiap bulan,
pertiga bulan dan evaluasi tahunan. Perkembangan Jeje Radio di era 4.0 mengikuti
perkembangan teknologi industri 4.0 yaitu dengan aktif membuat konten dan memanfaatkan
berbagai platfrom sosial media Instagram, Facebook, Twitter, Youtube, Tiktok, dan JOOX
sebagai radio streaming online.