Pengaruh Konten Meme Netflix Indonesia Terhadap Online Engagement Pada Followers Akun Instagram @Netflixid
Kata Kunci:
Konten meme, Online engagement, Netflix IndonesiaAbstrak
Melalui kemunculan media sosial banyak perusahaan maupun organisasi menggunakan media sosial sebagai saluran baru untuk berkomunikasi dengan khalayak luas, salah satunya adalah Netflix Indonesia yang membangun hubungan komunikasi dengan audiens mereka menggunakan konten berupa meme melalui akun instagram @netflixid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari penggunaan konten meme sebagai penerapan kegiatan komunikasi untuk menarik interaksi khalayak berupa like, comment ,dan share yang diartikan sebagai online engagement di media sosial Instagram. Dalam mengkaji fenomena ini peneliti menggunakan teori S-O-R (Stimulus Organism Response) yang berasumsi bahwa stimulus (pesan) yang diterima oleh organism (komunikan) menyebabkan munculnya sebuah response (efek) yang diartikan sebagai perubahan perilaku. Peneliti menggunakan metode kuantitatif eksplanatif yang mana data yang digunakan sebagai bahan penelitian merupakan data kuesioner dari sampel penelitian yaitu followers Instagram Netflix indonesia. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang diberikan oleh variabel konten meme terhadap variabel online engagement pada tingkatan yang kuat, sehingga Hipotesis Hipotesis Nol (H0) yang mengasumsikan tidak adanya pengaruh yang diberikan oleh konten meme terhadap Online engagement pada Followers Instagram Netflix Indonesia ditolak, dan Hipotesis Kerja (Ha), yang menyatakan adanya pengaruh dari konten meme terhadap Online engagement pada Followers Instagram Netflix Indonesia diterima. Maka kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah adanya pengaruh yang signifikan dari konten meme terhadap online engagement pada followers Instagram Netflix Indonesia.