STRATEGI CSR PUBLIC RELATIONS PT. KERETA API INDONESIA DALAM MENINGKATKAN KEMANDIRIAN UMKM DI DAOP 8 SURABAYA
Kata Kunci:
Strategi, Public Relations, Corporate Social Responsibility (CSR), UMKMAbstrak
Strategi Corporate Social Responsibility Public Relations merupakan segala rancangan mengenai rencana kegiatan perusahaan yang berkaitan dengan memberikan pemahaman bagi masyarakat, demikian pula dengan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yang memiliki strategi dalam upaya pengembangan kemandirian UMKM di Daop 8 Surabaya. Praktisi Corporate Social Responsibility Public Relations PT. Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki strategi yang disusun berdasarkan situasi dan kondisi yang ada, salah satunya dengan menambahkan fasilitas dan memberikan pelayanan pelatihan dalam upaya pengembangan kemandirian UMKM. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa strategi yang dilakukan CSR PT. Kereta Api Indonesia yaitu PT. KAI selaku penyalur modal kepada pelaku UMKM. Kedua, melakukan pendampingan dalam pelatihan yang diberikan oleh perusahan kepada pelaku UMKM. Ketiga memberikan wadah bagi mereka agar produknya dikenal oleh masyarakat luas. Untuk strategi sendiri menegakan reputasi perusahaan supaya perusahaan ini tetap dapat dipercaya masyarakat dengan cara membuat release berita dan dipublikasikan pada media PT. KAI, mengundang media dan menyajikan berita kepada pers dalam setiap kegiatan terkait mempromosikan produk UMKM binaan PT KAI Daop 8 supaya bisa menunjang reputasi perusahaan sekaligus meningkatkan kemandirian UMKM binaan Daop 8.