Strategi Public Relations Perusahaan dalam Mempertahankan Citra di Era New Normal (Studi Deskriptif pada GraPARI Telkom Grup Dinoyo Surabaya)

Penulis

  • Bagus Pribadi
  • Jupriono
  • Mohammad Insan Romadhan

Kata Kunci:

Strategi Public Relations, teori sistem, era new normal, citra perusahaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengelaborasi strategi public relations perusahaan dalam mempertahankan citra di era new normal dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus deskriptif pada GraPARI Telkom Grup Dinoyo Surabaya. Citra perusahaan yang baik di mata masyarakat menjadi faktor penting di tengah ketatnya persaingan bisnis dan perubahan kebiasaan baru yang diadaptasi sejak kondisi pandemi Covid-19 masuk ke Indonesia pada awal 2020. Membangun dan mempertahankan citra perusahaan merupakan salah satu tugas public relations melalui penyusunan strategi yang diharapkan membawa dampak positif untuk citra perusahaan. Penelitian ini menggunakan paradigma objektif dan pendekatan kualitatif, dengan wawancara, observasi dan studi literatur sebagai metode utama dalam pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan teori sistem dan proses strategi public relations yaitu fact finding, planning, communication dan evaluation sebagai pedoman penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi public relations di GraPARI Telkom Grup Dinoyo Surabaya berjalan cukup baik dengan tetap memberikan pelayanan yang prima sembari menawarkan produk/jasa yang dapat membantu pelanggan dengan menerapkan protokol kesehatan. Adapun pelaksanaan strategi public relations pada GraPARI Telkom Grup Dinoyo Surabaya adalah dengan tetap menjalin komunikasi dengan pelanggan dan memberikan sosialisasi mengenai program baru yang akan dijalankan atau diluncurkan oleh Telkomsel, menjaga kepercayaan pelanggan, dan mempertahankan komitmen dengan tetap memperhatikan kualitas layanan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-21