STRATEGI PUBLIC RELATIONS PT. DANA PURNA INVESTAMA DALAM MENINGKATKAN CITRA PERUSAHAAN

Penulis

  • Arsa Rail Magreza
  • Teguh Priyo Sadono
  • Ni Made Ida Pratiwi

Kata Kunci:

Strategi, Public Relations, Citra, PT. Dana Purna Investama

Abstrak

  1. Dana Purna Investama merupakan jasa fasilitas manajemen service. Tujuan utama usaha bisnis dalam melakukan strategi meningkatkan citra perusahaan yaitu dengan melakukan program-program untuk mencapai kinerja perusahaan dimana PT. Dana Purna Investama dengan membuat pembaharuan yang kami sebarkan melalui media cetak dan media online supaya mendapatkan citra positif dari masyarakat. Berdasarkan permasalahan tersebut terdapat pernyataan yaitu : Bagaimana strategi public relations dalam meningkatkan citra positif di PT. Dana Purna Investama Surabaya, serta langkah pengumpulan data, perencanaan, aksi dan komunikasi, dan evaluasi. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif, karena peneliti ingin mengetahui strategi yang dilakukan oleh public relations PT. Dana Purna Investama dalam meningkatkan citra perusahaan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teori yang digunakan adalah teori public relations Cutlip, Center, dan Broom (2005: 268). Dalam teori ini menjelaskan empat langkah proses manajemen public relations,yaitu: Pengumpulan Data Perencanaan, Komunikasi, dan Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan dalam meningkatkan citra perusahaan public relations PT. Dana Purna Investama menjalankan proses mendefinisikan problem menggunakan data dan informasi. Proses perencanaan menggunakan penyusunan yang sistematik. Proses pelaksanaan dijalankan sesuai rencana yang sudah disusun. Proses evaluasi dilakukan setelah pelaksanaan selesai. Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa public relations menerapkan strategi dalam meningkatkan citra perusahaan. Langkah-langkah yang dilakukan juga sesuai dengan prosedur yang berlaku.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-20