PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE TERHADAP ETIKA KOMUNIKASI SISWA DI SEKOLAH
Kata Kunci:
Game Online, Etika BerkomunikasiAbstrak
Dunia teknologi komunikasi kini berkembang semakin cepat dari tahun ke tahun yang berdampak pada perkembangan internet. Saat ini pengguna internet di dunia ini mencapai 4.156.932.140 (4 milyar) menurut international states 2017. Aplikasi yang muncul akibat smartphone dan internet adalah game online. Game ini banyak diminati dari berbagai kalangan, mulai dari anak anak, remaja, hingga orang dewasa. Adanya media baru tentu akan menimbulkan dampak bagi penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh Game Online (Variabel X) terhadap etika berkomunikasi siswa (Variabel Y). Metodologi penelitian menggunakan penelitian kuantitatif melalui upaya pengumpulan dan pengukuran data berupa kuesioner. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah teori ketergantungan media (Dependency Media Theory) dimana media baru saat ini menjadi kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Hasil dari penelitian ini olah secara statistik dengan program SPSS 27. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil pengujian hipotesis diperoleh nilai thitung pada bermain game online adalah 11,211 dan ttabel dengan besaran 1,66. Maka, dengan demikian thitung>ttabel artinya H0 ditolak secara statistik adalah signifikan, dari hasil uji t nilai signifikan lebih kecil dari 0,1 (0,001 < 0,1) berarti terdapat pengaruh yang era antara bermain game online terhadap etika berkomunikasi. Hasil uji koefisien determinasi atau R Square ditemukan bahwa game online memiliki pengaruh sebesar 0,614 (61,4%) %, hal ini membuktikan bahwa pengaruh bermain game online terhadap etika berkomunikasi siswa sesuai dengan interval koefisien yaitu 0,60 – 0,799 yang masuk ke dalam kategori tingkat hubungan yang kuat.