PERAN PUBLIC RELATION PT. TELKOM REGIONAL 5 SEBAGAI FASILITATOR KOMUNIKASI DALAM MENANGANI KELUHAN PELANGGAN

Penulis

  • Ahmad Syukron
  • Muchamad Rizqi
  • Beta Puspitaning Ayodya

Kata Kunci:

Strategi Public Relation, Fungsi Public Relation, Peran Public Relation, Fasilitator Komunikasi, Keluhan Pelanggan, Kualitatif Deskriptif

Abstrak

Penelitian ini berjudul Strategi Public Relation PT. Telkom Regional 5 sebagai Fasilitator Komunikasi dalam Menangani Keluhan Pelanggan. Disini peneliti ingin meneliti bagaimana strategi yang diterapkan Public Relation PT. Telkom Regional dalam perannya sebagai fasilitator komunikasi guna menangani keluhan pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang mana penelitian ini menghasilkan data yang dikumpulkan peneliti berupa kata – kata, tingkah laku, gambar, dan bukan angka – angka. Penelitian ini menemukan bahwa Public Relation PT. Telkom Regional 5 menggunakan model Public Relation simetris dua arah dalam menangani keluhan pelanggan dan memiliki peran sebagai fasilitator komunikasi antara pelanggan dengan tim Hit of Representative Office (HIRO) dalam menangani keluhan pelanggan. Harapannya dengan penelitian ini Public Relation PT. Telkom Regional 5 dapat mempertahankan kualitas pelayanannya yang telah dinilai bagus oleh pelanggan dan bahkan meningkatkan pelayanannya menjadi lebih baik lagi.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-20