Persepsi Mendukung Produk Lokal Pengguna Instagram Pada Penggunaan Hashtag Instagram (#)LokalTakGentar Brand Aerostreet
Kata Kunci:
Persepsi, Hashtag, Pengguna Instagram, Proses persepsiAbstrak
Komunikasi merupakan kebutuhan manusia karena manusia adalah makhluk sosial. Inti dari kegiatan komunikasi adalah sebuah persepsi. Persepsi yaitu pemaknaan dari panca indra yang dimiliki serta pengalaman individu. Internet memberikan kemudahan untuk memperoleh informasi dan komunikasi. Salah satu media sosial berbasis informasi komunikasi adalah Instagram. Pada Instagram untuk mendapatkan perhatian pengguna instagram dengan Hashtag. Instagram saat ini juga digunakan mencari inspirasi gaya fashion hingga produk fashion. Belakangan ini kemunculan berbagai produk sepatu dan pakaian lokal sedang ramai di Indonesia salah satunya Aerostreet. Aerostreet memulai inovasi baru menggunakan hashtag yaitu #LokalTakGentar di Instagram. #LokalTakGentar merupakan kampanye untuk eksistensi brand lokal khususnya brand Aerostreet dan mendukung produk lokal. Jumlah pengguna media sosial instagram yang besar menjadi peluang Aerostreet untuk mengenalkan produk. Aerostreet saat ini selalu menyisipkan #LokalTakGentar pada setiap postingan mereka. Tujuan dari penelitian mengetahui persepsi mendukung produk lokal pengguna instagram pada penggunaan hashtag Instagram #LokalTakGentar brand Aerostreet. Pada penelitian ada 4 tahap proses terjadinya sebuah persepsi. Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian menggunakan dua jenis sumber data yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil pada penelitian ini bahwa pengguna instagram mendukung penggunaan #LokalTakGentar brand Aerostreet sebagai kampanye mendukung produk lokal.