ANALISIS SEMIOTIKA EKSPLOITASI TUBUH WANITA DALAM IKLAN SABUN VITALIS BODY WASH DI TELEVISI
Kata Kunci:
Semiotika Eksploitasi Tubuh Wanita, Iklan Sabun, TelevisiAbstrak
Iklan mempresentasikan kehidupan atau gaya hidup yang menjadi standar di suatu masyarakat, baik standar dalam kehidupan sosial maupun masyarakat. Standar ini menjadikan semua orang berlomba-lomba untuk memenuhi standar tersebut, agar menjadi pusat perhatian dan langkah awal perjuangan karir mereka ke depan dengan fokus pada penampilan terlebih dahulu. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui makna dan pesan yang tersembunyi dalam iklan sabun Vitalis Body Wash. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan jenis data primer dan sekunder. Teknik analisis data yang digunakan oleh peneliti adalah semiotik Roland Barthes, karena Roland Barthes membagi semiotik menjadi dua sistem yang biasa disebut dengan two order of signification. Two order of signification milik Roland Barthes. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan maka terdapat beberapa tanda mengenai makna dan pesan yang tersembunyi dalam iklan sabun Vitalis Body Wash dalam iklan tersebut, hal ini dibuktikan dengan adanya beberapa adegan yang digambarkan perempuan yang memiliki kulit putih, bersih dan cerah setelah menggunakan sabun Vitalis Body Wash. Adapun bukti lain yang memaparkan adanya bukti mana dan pesan yang disampaikan pada iklan sabun Vitalis Body Wash adanya perubahan dari penampilan sehingga dapat terlihat lebih cantik dan menarik. Makna denotatif yaitu diketahui dari penanda dan petanda membuktikan bahwa dia ingin memiliki kulit cerah merona yang bersinar dengan menggunakan produk sabun Vitalis Body Wash. Makna konotatif dapat ditunjukkan dengan kulit kelihatan cerah merona merupakan kulit yang diinginkan oleh perempuan. Kecantikan adalah perempuan berkulit putih dan hal tersebut terbentuk setelah menggunakan sabun Vitalis Body Wash. Adapun mengenai mitos pada iklan sabun Vitalis Body Wash yaitu adanya anggapan bahwa perempuan cantik cenderung memiliki kulit yang putih.