Strategi Komunikasi Persuasif Komunitas Pelajar Mengajar Surabaya Dalam Meningkatkan Keikutsertaan Anak Pada Program Pembelajaran

Penulis

  • Fatsansyah Abimas Pratama
  • Widyatmo Ekoputro
  • Edy Sudaryanto

Kata Kunci:

Komunikasi persuasif, strategi komunikasi, program pembelajaran

Abstrak

Tingkat pendidikan di Indonesia terbilang masih cukup rendah dan kurang merata, salah satunya di daerah Kecamatan Bulak, Kenjeran, Kota Surabaya. Pendidikan di daerah Kecamatan Bulak cukup rendah karena hambatan sosial dan lingkungannya yang kurang
peduli dengan pendidikan. Permasalahan tersebut menimbulkan keprihatinan dan ketertarikan Komunitas Pelajar Mengajar Surabaya untuk membantu memberantas permasalahan anak-anak di wilayah Kecamatan Bulak yakni buta huruf. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tahapan dan strategi komunikasi persuasif komunitas pelajar mengajar Surabaya dalam mengajak anak-anak untuk mengikuti program kegiatan pembelajaran. Metode penelitian ini deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian, yaitu ketua dan anggota
Komunitas Pelajar Mengajar Surabaya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis dengan model interaktif Miles dan Huberman yakni melakukan reduksi data, menyajikan data, dan menarik
kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi persuasif yang dijalankan oleh Komunitas Pelajar Mengajar Surabaya dapat terlaksana dengan tepat dan sesuai karena hasil yang diinginkan (perubahan perilaku siswa yang positif) konsisten dengan hasil aktual (kemampuan administrator komunitas untuk berkomunikasi secara efektif).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-19