Hubungan Komunikasi Interpersonal Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Studi Kasus di Kantor Kelurahan Keputran Kota Surabaya)

Penulis

  • Enrico Maghriza Audywancy Putra
  • Arif Darmawan
  • Widyatmo Ekoputro

Kata Kunci:

Komunikasi Interpersonal, Pelayanan Publik

Abstrak

Komunikasi interpersonal adalah komunikasi yang terjadi antara dua orang atau lebih, yang biasanya tidak diatur secara formal. Dalam komunikasi interpersonal, setiap khalayak menggunakan segala elemen dalam proses komunikasi. Komunikasi juga dapat menciptakan
sebuah hubungan sosial yang diperlukan dalam kelompok sosial apapun. Komunikasi memungkinkan dapat terjadinya kerjasama sosial hingga kesepakatan-kesepakatan penting dan lainnya. Pelaksanaan komunikasi interpersonal salah satunya berada di Kantor Kelurahan Keputran. Pendekatan penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan
menggunakan metode studi kasus. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) pelaksanaan komunikasi interpersonal di Kantor Kelurahan Keputran telah berjalan dengan baik. Proses komunikasi interpersonal pegawai Kelurahan dengan warga dilaksanakan dalam
bentuk tatap muka dan menggunakan media komunikasi, 2) Faktor pendukung lainnya adalah
terbentuknya suasana yang baik antara pegawai Kelurahan dengan warga, lalu faktor penghambat yang terjadi adanya keterbatasan waktu antara pegawai dengan warga sehingga kurangnya bentuk sosialisasi pelayanan, 3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi masalah hambatan tersebut adalah menciptakan suasana yang tenang dengan warga pengguna layanan.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-01-19