Implementasi Komunikasi Pariwisata Dalam Destination Branding Pariwisata Berbasis Masyarakat Di Kampung Lawas Maspati Surabaya
Kata Kunci:
Komunikasi Pariwisata, Destination Branding, Pariwisata Berbasis Masyarakat.Abstrak
Kampung Lawas Maspati merupakan destinasi alternatif kampung wisata di Surabaya yang diresmikan pada tahun 2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi komunikasi pariwisata Kampung Lawas Maspati dalam proses destination branding untuk mengkomunikasikan ciri khas dari Kampung Lawas Maspati agar menjadi tujuan wisata yang berbeda dari kompetitornya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan konsep komunikasi pariwisata, destination branding serta model pengembangan pariwisata berbasis masyarakat (Community Based Tourism). Hasil dari penelitian ini adalah Kampung Lawas Maspati melakukan destination branding sesuai dengan Model Morgan & Pritchard yang mana berdasarkan lima tahapan Kampung Lawas Maspati menerapkan semuanya. Berdasarkan pengembangan kajian Komunikasi Pariwisata, Kampung Lawas Maspati mengimplementasikan komunikasi pariwisata berbasis masyarakat dan model destination branding sebagai upaya mempromosikan serta memberikan informasi pariwisata kepada wisatawan agar mengetahui keberadaan Kampung Lawas Maspati. Selain itu, sesuai dengan indikator CBT Kampung Lawas Maspati dapat dikatakan sebagai Wisata Berbasis Masyarakat hal ini sejalan dengan hasil indikator yang mana dari tujuh indikator CBT Kampung Lawas Maspati memberikan ke tujuh indikator tersebut bagi masyarakat sebagai pelaku pariwisata serta sebagai penyedia dan pengelola Kampung Wisata.