Analisis Penetrasi Sosial Pada Open Booking (Studi Fenomenologi Pada Penyedia dan Pengguna Prostitusi Online di Aplikasi Michat)
Kata Kunci:
penetrasi sosial, fenomenologi, prostitusi onlineAbstrak
Prostitusi online ini adalah modus baru, yakni dengan menawarkan wanita melalui sebuah aplikasi yang bisa diakses di ponsel. Para pekerja seks komersial (PSK) ini memajang foto tersebut dengan busana minim yang siap melayani customer. Para peminat hanya cukup
menghubungi nomor handphone para PSK tersebut yang ditampilkan di status atau bio pada akun mereka, kemudian memberikan alamat ke kamar hotel atau ke apartemen sesuai dengan keinginan PSK-nya. Pada penelitian ini terdapat proses penetrasi sosial antara pengguna dan penyedia prostitusi online di aplikasi MiChat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini
adalah metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi, di mana subjek dari penelitian ini adalah 3 pengguna layanan dan 3 penyedia aplikasi ini dan sesuai dengan kebutuhan penelitian ini. Teori yang digunakan teori penetrasi sosial milik West dan Turner.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyedia (PSK) melakukan pekerjaan ini karena ada faktor ekonomi, faktor keluarga dan faktor teman sebaya dan penyedia menggunakan jasa open booking MiChat ini karena ada faktor masalah yang dimana merasa ingin bebas tanpa
adanya ikatan suami istri, faktor keluarga dan faktor seks yang tidak terpenuhi.