KINERJA PEGAWAI TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI DINAS SOSIAL KABUPATEN ENDE NUSA TENGGARA TIMUR

Penulis

  • fortunata simona administrasi publik
  • Achluddin Ibnu Rochim Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

kerja pegawai, pelayanan administrasi, Dinas Sosial, Ende, kualitas pelayanan.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kerja pegawai dalam memberikan pelayanan administrasi kepada masyarakat di Dinas Sosial Kabupaten Ende serta mengidentifikasi faktor pendukung dan penghambatnya. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan informan dari kalangan pegawai dan masyarakat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kerja pegawai secara umum cukup baik dari aspek kualitas pekerjaan, ketepatan waktu, dan kemampuan diri. Namun, masih ditemukan kendala seperti kurangnya pemahaman masyarakat terhadap prosedur administrasi, keterbatasan sarana, dan kemampuan teknologi sebagian pegawai. Faktor internal seperti motivasi dan kompetensi individu, serta faktor eksternal seperti dukungan organisasi dan kebijakan menjadi penentu utama dalam pencapaian kerja.

Referensi

(Bernardin, H. J. (2001). Human Resource Management.

Mangkunegara, A. A. P. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis.

Simanjuntak, P. J. (2005). Manajemen dan Evaluasi Kerja.

Sudarmanto. (2009). Kerja dan Pengembangan Kompetensi SDM.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-03-11