STRATEGI CONTENT PLANNING MEDIA SOSIAL INSTAGRAM BBPMP JATIM SEBAGAI UPAYA CONTENT AWARENESS TERHADAP FOLLOWERS
Kata Kunci:
Community service, social media, content planning, BBPMP JatimAbstrak
Magang sudah menjadi bagian penting dalam Pendidikan, terutama di bidang administrasi public. Melalui magang, mahasiswa administrasi public dapat mempraktikkan teori yang telah dipelajari di dunia nyata. Pengabdian kepada Masyarakat bertujuan untuk menciptakan inovasi dan teknologi dengan komersialisasi hasil penelitian serta menyiasati masalah Masyarakat melalui penelitian ilmiah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan konten di Instagram oleh BBPMP Jatim belum optimal karena jadwal postingnya tidak terstruktur dan tidak pasti. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian ini diharapkan membantu BBPMP Jatim dalam membuat rencana konten mingguan yang lebih rapi dan menarik bagi para followes.
Kata kunci : Pengabdian, social media, content planning, BBPMP
Referensi
Bashiroh, A., Mushtofa, M. M., Febianti, I. D., Riwibowo, N., & Kusuma, W. Z. A. (2023). Optimalisasi Kreativitas Sosial Media Dengan Pelatihan Content Creator. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 5(4), 919–930. https://doi.org/10.36312/sasambo.v5i4.1732
Iqlima, N. A., Winoto, Y., & R, T. S. (2023). Strategi Komunikasi Pemasan Melalui Media Sosial Instagram (Studi Action Research pada Bisnis The Local Space). Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(1), 90–99.
Kadek, N., Suandewi, D., Wirata, I. N., & Swandewi, N. K. (2024). Strategy for Optimizing the Use of Instagram Social Media Glow Wedding and Event Planner Strategi Optimalisasi Penggunaan Media Sosial Instagram Glow Wedding and Event Planner. 3(5), 581–600.
Lestari, A. P., & Rohimakumullah, M. A. A. (2022). Instagram Management Strategy as a Public Information Media by The Government of Bogor City During Covid-19 Pandemic. Kanal: Jurnal Ilmu Komunikasi, 11(1), 26–34. https://doi.org/10.21070/kanal.v11i1.1686
Maghfiroh, N., & others. (2023). Bagaimana Cara Memaksimalkan Penggunaan Sosial Media. APPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 86–92.
Syarah, M. M., & Wulandari, S. (2022). Konten Instagram Unilever Indonesia Sebagai Upaya Branding Ramah Lingkungan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1(2), 170–181. www.voaindonesia.com
Wangsa, V. M., & Mukhlisiana, L. (2023). Analisis Pengelolaan Konten Media Sosial Instagram @Porta_Hotel. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(4), 5374–5386. https://j-innovative.org/index.php/Innovative%0AAnalisis