Kontribusi Divisi Publikasi Melalui Improvisasi Konten Media Sosial Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Jawa Timur

Penulis

  • Ajeng Rana Amelia Nugraha Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Yusuf Hariyoko Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Devotion, teknologi, pelayanan, balai besar penjaminan mutu pendidikan, komunikasi

Abstrak

Pengabdian kepada masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Ketika mahasiswa berada dalam situasi kerja yang nyata, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka. Selain itu, dapat digunakan sebagai dasar bagi mahasiswa sebagai sumber tenaga kerja bagi perusahaan dan lembaga lain yang berfungsi sebagai pasar tenaga kerja. Dalam pengelolaan konten publikasi yang menarik serta informatif, memerlukan SDM yang kompeten di bidang editing, dimana jika dilihat pada social media BBPMP Jawa Timur sendiri masih bisa disebut kurang optimal dan menarik. Kegiatan pengabdian ini mahasiswa mampu membantu meningkatkan kualitas editing di PDM 07 BBPMP Prov Jawa Timur. Perlunya peningkatan strategi komunikasi dan pelatihan lebih lanjut lagi kepada anggota divisi PDM 07 akan bagaimana model editing yang terbaru namun tetap bisa memberikan informasi yang bermanfaat.

Referensi

Girianto, P. P., Bina, U., & Informatika, S. (2024). Peran Editor Dalam Meningkatkan Kualitas Konten. 2(3), 156–162.

Pokhrel, S. (2024). Pengaruh Peran Editor Dalam Meningkatkan Kualitas Publikasi Internal Pt Pln Upt Palembang: Studi Kasus Pada Proses Pengeditan Materi Informasi Korporat Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 15(1), 37–48.

Purwanto, H., Ramadhani, S. I., & ... (2024). Pendampingan Pelatihan Media Sosial OSIM MTs. Nurul Amin Sebagai Sarana Public Relations. … of Engagement and …, 1(1), 47–58.

Rahayu, S. (2022). Profile Video Construction As A Means of Institutional Existence: Ambon Religious Education and Training Center. 12 Waiheru, 8(2), 165–175.

Sungkar, P. S., Rahmadiana, R. E., & Nurmalah, R. (2023). Strategi Branding Lembaga AP Edutainment Jurusan Administrasi Publik. 27, 123–141.

Susanti, E., Sutanta, E., Ariyana, R. Y., Cahyo, E. N., & Khasanah, R. (2022). Pelatihan Pengelolaan Website Dan Media Sosial Bpmp Yogyakarta. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 6(4), 1817.

Ummah, M. S. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Kota Administrasi Jakarta Barat. Sustainability (Switzerland), 11(1), 1–14.

Anggita, D. R., Teknik, F., Prawiyogi, A. G., Toyibah, R. A., Sukamana, H. T., Irfanudin, A. M., Kurniawati, E., Jamaluddin, J., Andalusi, R., Noryani, N., Didik, P., Era, D. I., Industri, R., Sartika, D., Cay, S., Sunarto, A., Nurhidayat, M. A., F, K. Ge., … Dasar, S. (2020). Menggunakan Tools Invinsion Untuk Mewujudkan Creative Innovation Soft Skill Di. Dedikasi Pkm, 1(1), 56–69.

Pratiwi, D., Santoso, G. B., Mardianto, I., Sediyono, A., & Rochman, A. (2020). Pengelolaan Pengelolaan Konten Web Menggunakan Wordpress, Canva dan Photoshop untuk Guru-Guru Wilayah Jakarta. Abdihaz: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1),

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-31