Evaluasi Program Bantuan Dana Hibah Pada Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur
Kata Kunci:
Performance, evaluation, programAbstrak
Dalam menghadapi dinamika sosial dan kebutuhan masyarakat saat ini, Pemerintah Jawa Timur memiliki peran yang signifikan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, sering kali organisasi-organisasi pemerintah mengalami kesulitan dalam mendapatkan dana untuk menjalankan program-program mereka. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Provinsi memberikan dana hibah sebagai dukungan terhadap kegiatan organisasi masyarakat. Hibah adalah pemberian berupa uang, barang, atau jasa yang diberikan oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah dengan tujuan tertentu yang telah ditentukan. Dari Peraturan Dalam Negeri Nomor 23 Tahun 2011 dijelaskan bahwa Pemerintah daerah tidak hanya berperan sebagai penyalur dana hibah, tetapi juga sebagai penggerak pembangunan sosial berkelanjutan di Provinsi Jawa Timur. Dalam memberikan dana hibah dan bantuan sosial, pemerintah memperhatikan prinsip keadilan, kepatuhan, rasionalitas, transparansi, akuntabilitas, dan manfaat bagi Masyarakat. Evaluasi program bantuan dana hibah yang disalurkan oleh pemerintah provinsi Jawa Timur melalui Biro Kesejahteraan Rakyat mencakup analisis efektivitas dan efisiensi pelaksanaan program tersebut. Proses evaluasi ini dapat meliputi pengukuran pencapaian tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dalam program, serta identifikasi keberhasilan dan tantangan yang muncul selama pelaksanaannya. Rencana Strategis memungkinkan evaluasi kinerja pemerintah secara menyeluruh dengan menggunakan indikator kinerja yang telah ditentukan. Selain itu, Indikator Kinerja Utama juga memungkinkan penilaian kinerja individu atau pekerjaan dalam mencapai tujuan yang ditetapkan dalam kebijakan peningkatan kinerja.
Kata Kunci : Kinerja, Evaluasi, Program
Referensi
Dunn, William N. 2003. Pengantar Analisis Kebijakan Publik. Edisi Kedua, Cetakan Kelima. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Endiastuti, Y. (2021). Implementasi Program Dana Hibah Pemprov Jatim Di Wilayah Kabupaten Madiun Tahun 2019. repository.unik-kediri.ac.id. http://repository.unik-kediri.ac.id/id/eprint/314
Hardiyanto, O. :, Ahli, P., Kantor, M., Kementerian, W., & Jambi, A. P. (n.d.).Manfaat Monitoring Dan Evaluasi (Monev) Terhadap Peningkatan Kinerja Penganggaran Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jambi.
Nurdihansyah, M. R. A., & ... (2024). Penerapan Pengelolaan Dana Hibah Pengadaan Sarana dan Prasarana di Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Timur. VISA: Journal of Vision …. https://journal-laaroiba.com/ojs/index.php/visa/article/view/1671
Publik, P., Rahmat, D., Yang, T., Esa, M., & Indonesia, P. R. (2009). Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara tentang Pedoman Peningkayan Kualitas Pelayanan Publik. UU Nomor 25 Tahun 2009 Tentang"Pelayanan Publik".
Toha. (2022). Inovasi Pelayanan Publik Desk Administrasi Hibah Biro Kesejahteraan Rakyat. https://ro-kesra.jatimprov.go.id/berita/2022/06/16/inovasipelayanan-publik-desk-administrasi-hibah-biro-kesejahteraan-rakyat
Tenny Yuliawaty, P. (2023). Analisis Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Pelayanan MasyarakatPublik, P., Rahmat, D., Yang, T., Esa, M., & Indonesia, P. R. (2009). Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara tentang Pedoman Peningkayan Kualitas Pelayanan Publik. UU Nomor 25 Tahun 2009 Tentang"Pelayanan Publik".
Tree Engel Natalia. (2023). Efektivitas Penyelenggaraan Program Beasiswa Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Kreativitas Pada Pengabdian Masyarakat ..., 1(6). http://ejournal.warunayama.org/index.php/krepa/article/view/318.