PROGRAM JEMPUT BOLA LAYANAN IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL DAN PEREKAMAN KTP DISPENDUKCAPIL KOTA MOJOKERTO UNTUK PELAJAR

Penulis

  • Inez Diva Rahmaniar Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • M.Kendry Widiyanto Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Layanan Kependudukan Digital, Perekaman KTP, Pelajar

Abstrak

ABSTRAK

Dispendukcapil Kota Mojokerto yang terletak di tengah Kota Mojokerto membuat warga mudah mendapatkan layanan kependudukan. Layanan Identitas Kependudukan Digital dan perekaman KTP yang dilakukan oleh Dispendukcapil Kota Mojokerto berjalan cukup baik. Hanya saja dalam kemudahan memperoleh layanan kependudukan ini masih dirasa kurang efisien khususnya bagi warga Kota Mojokerto yang berstatus pelajar berusia 17 tahun keatas. Hal ini karena keterbatasan waktu yang dimiliki pelajar untuk dapat memperoleh layanan kependudukan. Maka dari itu, Dispendukcapil Kota Mojokerto membuat kegiatan jemput bola layanan Identitas Kependudukan Digital dan perekaman KTP. Program ini menyasar pelajar warga Kota Mojokerto berusia minimal 16 tahun lebih 8 bulan. Tujuan dari program jemput bola layanan Identitas Kependudukan Digital dan perekaman KTP ini untuk memudahkan pelajar warga Kota Mojokerto untuk mendapatkan layanan kependudukan khususnya KTP dan Identitas Kependudukan Digital. Kegiatan jemput bola ini tidak hanya meningkatkan efisiensi administrasi kependudukan, tetapi sebagai upaya optimalisasi pendaftaran pemilih potensial untuk Pilkada 2024. Hal ini juga dapat mendukung partisipasi pemilih pemula dalam Pilkada 2024. Melalui pendekatan langsung di sekolah-sekolah, Dispendukcapil Kota Mojokerto dapat meningkatkan jumlah pemilih yang terdaftar serta mempercepat proses perekaman KTP-El, guna mewujudkan pemilihan yang partisipatif. Hasil pengabdian ini menggambarkan efektivitas program tersebut dalam memberikan manfaat yang signifikan bagi pelayanan kependudukan khususnya Identitas Kependudukan Digital dan Perekaman KTP bagi pelajar.

Referensi

Putri, L. (2023). Inovasi pelayanan administrasi kependudukan dengan online (Pak’de on) melalui aplikasi WhatsApp Dan inovasi pelayanan dokumen adiminstrasi kependudukan Dan pengadilan agama (Didupag) didinas kependudukan Dan pencatatan sipil kabupaten Madiun. Jurnal Registratie, 5(1), 53-68.

Widyatmoko, E., Harianto, & Retno iswati. (2023). Kualitas pelayanan dinas kependudukan Dan catatan sipil dalam pembuatan dokumen kependudukan. JURNAL SOSIAL Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 24(2), 43-51.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-31