OPTIMALISASI PELAYANAN TIKET ONLINE WISATA BERBASIS WEBSITE OLEH DINAS KEBUDAYAAN, KEPEMUDAAN, DAN OLAHRAGA, SERTA PARIWISATA KOTA SURABAYA DI UPTD THP KENJERAN

Penulis

  • Nikita Farra Angel Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Eddy Wahyudi Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Optimalisasi layanan, Tiket wisata berbasis website, Mutu pelayanan wisata

Abstrak

Optimalisasi mutu layanan di Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran melalui penerapan sistem tiket wisata berbasis website yang dikelola oleh Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata Kota Surabaya. Tujuan utama dari penerapan layanan berbasis website ini adalah untuk meningkatkan efisiensi pelayanan, mempermudah akses pengunjung dalam pembelian tiket, dan memperbaiki kualitas layanan wisata di Pantai Kenjeran. Sistem ini diharapkan dapat mengurangi antrian di loket fisik, memberikan transparansi dalam pengelolaan tiket, dan meningkatkan pengalaman wisata secara keseluruhan. Untuk menganalisis secara mendalam optimalisasi layanan tiket online menggunakan teori implementasi kebijakan publik menurut Merilee S. Grindle (1980). Grindle memaparkan enam variabel yang akan memengaruhi berhasil tidaknya implementasi kebijakan, yaitu standar dan tujuan kebijakan, sumber daya, hubungan antarorganisasi, karakteristik agen pelaksana, kondisi lingkungan ekonomi sosial politik dan disposisi implementor. Hasilnya, walaupun layanan tiket online ini telah menunjukkan peningkatan dalam beberapa aspek, namun ada beberapa hambatan terkait kesiapan sumber daya manusia dan infrastruktur teknologi yang perlu diperbaiki agar dapat mencapai optimalisasi.

Referensi

Budianto, A. Manajemen Pariwisata: Teori dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada. 2010. Manajemen Pariwisata: Teori Dan Praktik. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Grindle, Merilee S. 1980. Teori Implementasi Kebijakan.

Nasution, S. 2022. “Analisis Efektivitas Sistem Layanan Publik Berbasis Teknologi Informasi.” Jurnal Administrasi Publik 12(1):45–58.

Permatasari, Dewi, and Trenda Aktiva Oktariyanda. 2023. “Kualitas E-Government Dalam Pelayanan Tiket Wisata Berbasis Website Di Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, Dan Olahraga Serta Pariwisata Kota Surabaya.” Publika 2303–14. doi: 10.26740/publika.v11n3.p2303-2314.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-31