UPAYA PENDAMPINGAN PIC ATAU PARA PELAKU USAHA DALAM PELAPORAN LKPM OLEH DPMPTSP SURABAYA
Kata Kunci:
lkpm, oss, dpmptsp, administrasiAbstrak
Pelayanan perizinan merupakan salah satu pelayanan administratif yang dilakukan pemerintah,
begitu juga dengan Pemerintah Kota Surabaya melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan
Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) yang bahkan telah menerapkan sistem Online Single
Submission (OSS) agar kualitas pelayanan menjadi lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui efektivitas program LKPM Online dalam pendataan NIB pada sistem OSS di Dinas
Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surabaya. Program Online Single
Submission (OSS) lebih memudahkan pemerintah untuk mendata pelaku usaha yang ada di Kota
Surabaya secara cepat, efisien, dan transparan. Metode yang digunakan untuk menjalankan
penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dipilih
karena untuk menyajikan data secara sistematis, factual, dan akurat mengenai fakta-fakta yang
ada dilapangan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan
kualitatif bertujuan untuk menggali mengenai fakta mengenai kualitas pelayanan publik dalam
bidang administrasi izin berusaha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan
dengan adanya program LKPM Online berbasis OSS menunjukkan beberapa faktor pendukung
yang wajib di tingkatkan di dalam pemberian layanan agar dapat mewujudkan kualitas layanan
administrasi dalam suatu instansi dalam mewujudkan kawasan lingkungan masyarakat yang
sadar akan administrasi izin berusaha. Rekomendasi penelitian ini bertujuan memaparkan
efektivitas program LKPM Online berbasis OSS yang dapat mempermudah kepengurusan
administrasi nomor izin berusaha.
Referensi
Dwi Marelita Sari. (2022). Implementasi Kebijakan Peraturan Walikota Surabaya
Nomor 41 Tahun 2021 Dalam Pelayanan Perizinan Online Surabaya Single
Windows (Ssw) Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu
Kota Surabaya. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(4), 476–484.
https://doi.org/10.58540/jipsi.v1i4.101
Efendi, M. M. R. K. (2023). Inovasi Pelayanan Publik Pada Mall Pelayanan Publik
Kabupaten Gresik (Bagian Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu
Pintu). Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 3(05), 368–379.
Latifah, L., Nasrullah, D., Huda, F., Iswandi, G. U., Aditya, F., Firdiana, R. F., &
Rismawati, R. (2023). Pendampingan Pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB)
Pelaku Usaha Mikro Dan Kecil (UMK) Perseorangan Untuk Keberlanjutan
Usahanya di Kelurahan Bulak, Kota Surabaya. Jurnal Edukasi Dan Pengabdian
Kepada Masyarakat, 2(1), 9–25. https://doi.org/10.35914/jepkm.v2i1.28
Paputungan, M., Wisiastini, N. M. A., & Telagawati, N. L. W. S. (2023). Analisis
Manajemen Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Ptsp) Dalam Meningkatkan Kualitas
Pelayanan. Publik: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi Dan
Pelayanan Publik, 10(2), 446–456. https://doi.org/10.37606/publik.v10i2.676
Savira, F., & Suharsono, Y. (2019). Metode Penelitian. Journal of Chemical
Information and Modeling, 01(01), 1689–1699.
