PENDAMPINGAN PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN MELALUI VIA ONLINE (PLAVON SIDOARJO) DI MALL PELAYANAN PUBLIK KABUPATEN SIDOARJO

Penulis

  • Dian Novita Sari Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muhammad Roisul Basyar Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

Kata Kunci:

Kata Kunci : Pendampingan, Pelayanan Publik, Plavon Dukcapil, Administrasi Kependudukan

Abstrak

ABSTRAK

Pelayanan publik merupakan hak setiap warga negara yang wajib dipenuhi, karenanya negara berkewajiban menyelenggarakan sejumlah pelayanan guna memenuhi hak-hak dasar warga negaranya yang dijamin oleh konstitusi. Pelaksanaan kegiatan pengabdian bagi mahasiswa merupakan kegiatan wajib, dimana dalam kegiatan ini dilakukan oleh mahasiswa pada salah satu instansi yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Mall Pelayanan Publik Kabupaten Sidoarjo) dengan tujuan untuk membantu pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan dan mengoptimalkan program Plavon Dukcapil Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini meliputi partisipasi aktif, wawancara, observasi dan dokumentasi. Pada kegiatan pengabdian ini mahasiswa membantu dalam pelaksanaan pelayanan administrasi kependudukan melalui website Plavon Dukcapil Sidoarjo. Dalam pengajuan melalui website Plavon Dukcapil Sidoarjo ini, seringkali didapati kendala serta hambatan-hambatan yaitu terkait dengan kelengkapan dokumen warga dalam mengajukan permohonan. Selain itu, seringkali dijumpai pemohon atau masyarakat yang tidak sabaran dalam mengurus dokumen administrasi kependudukan. Oleh sebab itu, Sebagai salah satu bentuk Inovasi oleh Pemkab Sidoarjo Pelayanan dilakukan melalui Website Plavon Dukcapil sehingga pengurusan data Administrasi Kependudukan lebih efektif dan efesien. Pelaksanaan kegiatan pengabdian ini memberikan beberapa dampak, ini terbukti dari respon positif yang diberikan oleh masyarakat terkait dengan pelayanan yang telah diberikan dan merasa terbantu dengan adanya peran dari mahasiswa pengabdian ini.

Kata Kunci : Pendampingan, Pelayanan Publik, Plavon Dukcapil, Administrasi Kependudukan

Referensi

Irianto, Heru, Bagus Ananda Kurniawan, and Anita Mulyono. 2022. “Optimalisasi Pelayanan Untuk Mewujudkan Good Governance Di Mal Pelayanan Publik Mini Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo.” Jurnal Administrasi Publuk Dan Ilmu Komunikasi 9 (1): 32–40. https://doi.org/10.55499/intelektual.v9i1.67.

Setiawan, N. 2018. “Peningkatan Pelayanan Publik Menurut UU No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik Berdasarkan Prinsip Good Governance (Studi Kasus Kantor Pertanahan Di Kabupaten Boyolali)”.

Sholicha, I. K. 2023. “Inovasi Pelayanan Publik Melalui Aplikasi Pelayanan Via Online (Plavon Dukcapil) Oleh Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sidoarjo” Publika 11(3), 2293-2302

Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-01-19